Kamis, 27 April 2017

Welding process ( proses pengelasan )



Pengertian Pengelasan
Pengelasan  adalah  suatu  proses  penyambungan  logam  menjadi satu  akibat  panas  dengan  atau  tanpa  pengaruh  tekanan  atau  dapat juga didefinisikan sebagai ikatan metalurgi yang ditimbulkan oleh gaya tarik menarik antara atom.


Penyolderan Dan Pematrian

Solder dan patri merupakan proses penyambungan logam dimana digunakan   logam   penyambung   lainnya   dalam   keadaan   cair   yang kemudian membeku.
 
Penyolderan
Penyolderan  adalah  proses  penyambungan  dua  keping  logam dengan  logam  yang  berbeda  yang  dituangkan  dalam  keadaan  cair dengan  suhu  tidak  melebihi  430  oC  diantara  kedua  keping  tersebut. Paduan  logam  penyambung/pengisi  yang  banyak  digunakan  adalah paduan timbal dan timah yang mempunyai titik cair antara 180 - 370 oC.  Komposisi  50%  Pb  dan  50%  Sn  paling  banyak  digunakan  untuk timah solder dimana paduan ini mempunyai titik cair pada 220 oC.

Pematrian
Pada pematrian logam pengisi mempunyai titik cair diatas 430 oC akan tetapi masih dibawah titik cair logam induk. Logam dan paduan patri yang banyak digunakan adalah
1.  Tembaga : titik cair 1083 oC.
2.  Paduan  tembaga  :  kuningan  dan  perunggu  yang  mempunyai titik cair antara 870 oC - 1100 oC.
3.  Paduan perak : yang mempunyai titik cair antara 630 oC - 845oC.
4.  Paduan Aluminium : yang mempunyai titik cair antara 570 oC - 640 oC.
Adapun jenis sambungan yang lazim pada patri adalah : sambungan tindih, temu, dan serong seperti terlihat pada gambar 



Jenis Sambungan Pada Patri


Pada   penyambungan    patri hal   yang         paling utama   adalah kebersihan,  permukaan  harus  bebas  dari  kotoran-kotoran, minyak, atau  oksida-oksida dan bagian sambungan harus tepat ukuran maupun bentuknya dengan celah untuk bahan pengisi. Proses pematrian  dikelompokkan  berdasarkan  cara  pemanasan.  Ada  empat cara yang dilakukan dalam memanaskan logam pada penyambungan :
1.  Pencelupan benda yang akan disambung dalam logam pengisi atau fluks cair.
2. Mematri  dengan  menggunakan  dapur.  Disini  benda  dijepit dengan  jig  dan    dimasukkan  ke  dalam  dapur  yang  diatur suhunya sesuai titik cair logam  patri.
3. Mematri  dengan  nyala.  Panas  nyala  diambil  dari  nyala  oksi asetilen  atau  oksihidrogen  dan  logam  pengisi  dalam  bentuk kawat dicairkan pada celah sambungan.
4. Mematri  dengan  patri  listrik.  Panas  berasal  dari  tahanan, induksi atau busur     listrik.
Keuntungan proses patri adalah kemungkinan penyambungan logam  yang  sulit  di las,  penyambungan  logam  yang  berlainan  dan penyambungan  bahan  yang  tipis.  Selain  itu  proses  patri  cepat  dan menghasilkan sambungan yang rapi yang tidak memerlukan pengerjaan penyelesaian lagi.

  Sambungan Las

Sambungan las mempunyai beberapa jenis sambungan diantaranya bisa dilihat pada gambar 2. Dibawah :

 



























Tidak ada komentar: